Taklukkan Hari Anda dengan Kenikmatan Kopi Terbaik! Klik di sini dan Temukan Tiga Blend Kopi Menawan dari Robusta Dampit Malang dan Arabika Gayo Aceh. Dapatkan Sekarang!

Nama-nama Calon Penerima Gelar Pahlawan Diserahkan ke Presiden

Kementrian Sosial telah mengajukan beberapa nama untuk dianugerahi gelar pahlawan kepada Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan. Calon penerima gelar pahlawan itu akan diumumkan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November. “Sudah diusulkan ke presiden,” kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penganggulangan Kemiskinan, Hartono Laras, Kamis (18/10) di Jakarta.

Ilustrasi Perjuangan Kemerdekaan RI
foto : bisnisaceh.com

Nama-nama yang dinilai berhak menyandang gelar pahlawan saat ini masih digodok Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan.

Hartono enggan menyebut nama-nama yang diusulkan Kementerian Sosial. “Nanti menyalahi aturan,” katanya.


Yang jelas, katanya, nama-nama tersebut berasal dari seluruh nusantara. Setelah melalui berbagai pertimbanga dan penilaian, nama-nama tersebut kemudian diserahkan ke Presiden melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012, menurut Hartono, akan diperingati dengan berbagai kegiatan seperti upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, tabur bunga di laut, pemberian gelar pahlawan, dan kegiatan lain untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan.

Peringatan Hari Pahlawan ini dilaksanakan bekerja sama dengan beberapa kementerian dan lembaga serta organisasi sosial masyarakat. Pusat peringatan dilaksanakan di TMP Kalibata yang akan dilanjutkan dengan ziarah nasional di taman makam pahlawan tersebut.


Sumber : Jurnas