topads

Irjenal Cegah Penyimpangan di Dispenal

Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Terbatas Inpektorat Jenderal dan Perbendaharaan Angkatan Laut (Tim Wasriktas Itjenal) melakukan kunjungan ke Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal).

Irjenal Cegah Penyimpangan di Dispenal
Pemeriksaan Pasukan di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur
foto : jurnas.com

Ketua Tim Wasriktas Itjenal, Kolonel Laut (P) B.M.Y. Darbagus, J.P., S.E mengatakan pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi manajemen dalam sebuah organisasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan program kerja dan anggaran, serta mencegah terjadinya kesalahan maupun penyimpangan dalam setiap proses pelaksanaan kegiatan. Hal ini penting agar tujuan organisasi dapat tercapai secara optimal.

Wasriktas Itjenal melakukan pengawasan dan pemeriksaan ke Dispenal, Rabu (9/1/2013), sebagai objek pengawasan dan pemeriksaan. Pengawasan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 18 Januari 2013.


Dalam siaran pers Dispenal menyebutkan, sasaran pemeriksaan yaitu pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2010 sampai dengan tahun 2012, yang meliputi bidang logistik dan material, personel, keuangan, dan khusus.

Menurut Kolonel Laut (P) B.M.Y. Darbagus J.P, Itjenal selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan TNI Angkatan Laut mulai tahap perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban.

Sementera itu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Untung Suropati dalam sambutan tertulis, yang dibacakan Sekdispenal Kolonel Marinir Bambang Hullianto menyambut baik kehadiran Tim Wasrik Itjenal di Dispenal.

“Demi tercapainya kinerja Dispenal yang lebih baik di masa datang, wasrik berperan sebagai fungsi kontrol organisasi, guna memberikan koreksi atas hal-hal yang belum sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Kadispenal menambahkan kehadiran tim wasrik di Dispenal merupakan momentum yang positif dalam upaya peningkatan kinerja Dispenal, khususnya dalam rangka menerapkan prinsip-prinsip pemerintahan yang bersih (clean government) dan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Untuk itu, kami instruksikan kepada Perwira Staf Dispenal agar dapat mendukung kegiatan wasrik ini. Adakan kerja sama, koordinasi, dan sikap keterbukaan antara obyek wasrik dengan tim, agar tujuan diadakannya wasrik ini dapat tercapai secara optimal. Berikan pula informasi berdasarkan fakta dan data sesuai dengan kenyataan, sehingga diharapkan berbagai permasalahan yang saat ini menghambat kinerja Dispenal dapat segera diatasi,” kata Untung Suropati.

Pada bagian akhir sambutannya, Kadispenal berharap agar Tim Wasrik Itjenal selain dapat menjadi auditor juga sekaligus dapat berperan sebagai advisor atas permasalahan yang dihadapi oleh Dispenal. “Mohon kiranya dapat memberikan evaluasi dan penilaian yang bersifat korektif, serta dapat memberikan upaya solutif dan persuasif dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga Dispenal dapat segera melakukan perbaikan-perbaikan demi kemajuan dan optimalisasi kinerjanya dalam mendukung tugas organisasi TNI Angkatan Laut,” katanya.



Sumber : Jurnas
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Militer Review 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all