topads

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Gelar Sosialisasi Di Jatim

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi  bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri “Maulana Malik Ibrahim “ Malang menggelar Sosialisasi Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi, kepada sembilan Rektor PTN se Jawa Timur dan Citivas akademika, Selasa (8/1) di  kampus UIN Malang.

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Gelar Sosialisasi Di Jatim

Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi  merupakan gagasan pimpinan TNI bekerja sama dengan Kemenko Kesra yang akan berlangsung selama ± 4 bulan, dari tanggal 21 Februari  s.d. 4 Juli  2013, pada 9 titik di Pulau Sulawesi yaitu Kab.Sangihe dan  Kab. Minahasa di Sulawesi Utara , Kab.Bone Bolango di Gorontalo, Kab. Sigi dan Kab. Luwuk Banggai di Sulawesi Tengah, Kab. Mamuju di Sulawesi Barat, Kab. Tana Toraja dan Kab. Gowa di Sulawesi Selatan , dan Kab. Kolaka di Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini akan melibatkan sekitar 1.450 orang yang terdiri dari seluruh komponen bangsa baik TNI, Polri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Pemerintah Daerah, kalangan pendidik dari berbagai Perguruan Tinggi, Mahasiswa dan Mahasiswi, Para Pencinta Alam, Organisasi Kepemudaan, Pramuka  dan Media serta didukung masyarakat setempat.


Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo mengatakan bahwa  Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi  bertujuan, antara lain:  

  1. Mendata dan meneliti segala potensi di hutan, gunung dan pegunungan serta medan rawa, laut, sungai dan pantai serta pembangunan infrastruktur di pedalaman Sulawesi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat ; 
  2. Memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit agar memiliki naluri tempur di hutan, gunung dan pegunungan serta medan rawa, laut, sungai dan pantai ;
  3. Membangkitkan kesadaran teritorial ;
  4. Memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam melalui program hijau, bersih dan sehat;
  5. Kementerian/Lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah bersama-sama membantu mengatasi kesulitan rakyat;
  6. Mendata dan meneliti segala potensi geologi;
  7. Mendata dan meneliti potensi bencana.

Danjen juga menambahkan bahwa sasaran utama diselenggarakannya Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi  diantaranya adalah terwujudnya jiwa persatuan antara TNI/Polri dan seluruh komponen bangsa, terdatanya batas wilayah, kerusakan hutan, flora fauna, potensi geologi dan bencana serta sosial budaya di Sulawesi dan terwujudnya rasa cinta tanah air dan terpeliharanya kelestarian alam di perbatasan dan pedalaman Sulawesi.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Letkol Inf Rafael mengatakan persyaratan untuk menjadi peserta ekspedisi bagi mahasiswa dan alumni mahasiswa antara lain  mahasiswa minimal semester 5 dengan melampirkan transkrip nilai terakhir, mengisi biodata, melampirkan  fotocopi KTP,Kartu mahasiswa, ada surat rekomendasi perguruan tinggi bagi yang masih aktif sebagai mahasiswa, surat ijin dari orang tua, surat keterangan sehat dari dokter dan surat pernyataan mengikuti ekspedisi serta foto close-up ukuran 4x6.Lebih .

Kabagops  melanjutkan, pendaftaran dimulai 20 Desember 2012 sd 20 Januari, 2013  bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 28 Januari 2013 dan melaporkan diri ke Pusdikpassus Batujajar bandung pada tanggal 17 Februari 2013 untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan .Informasi tentang ekspedisi bisa diakses melalui  website ekspedisi www.ekspedisinkri.com ,FB ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi dan Twitter @ekspsulawesi.



Sumber : TNI AD
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Militer Review 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all